Super Junior

SUPER JUNIOR’s Profile

Siapa sih yang nggak kenal dengan nama SUPER JUNIOR (슈퍼 주니어) di kalangan kpoper di seluruh dunia ??

PASTINYA NGGAK ADA KAN!!

SUPER JUNIOR (슈퍼 주니어) adalah salah satu boyband asal South Korea yang bernaung dibawah SM Entertainment Label and  Production Agency. SUPER JUNIOR  debut pada tanggal 5 November 2005 dengan 12 member, kemudian pada 200 hari debut mereka yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2006 SUPER JUNIOR berubah formasi menjadi 13 member dengan masuknya Cho Kyuhyun sebagai member baru mereka.

Pada tanggal 2 Juni 2006 pihak management meresmikan nama ELF ( EverLasting Friends )sebagai official fansclub SUPER JUNIOR.

Super Junior Debut and History

Sejak Akhir 1990-an, Agen Pencari Bakat dan Label Rekaman Korea, SM Entertaimentyang diciptakan oleh foundernya Lee Soo-Man, telah mengadakan berbagai audisi untuk menemukan bakat-bakat baru, diantaranya menghasilkan Grup K-pop yang sukses, H.O.T, S.E.S, dan Shinwa.

Sejarah terbentuknya Super Junior sendiri, tidak lepas dari peran tangan dingin Soo-Man appa.

Leuteuk dan Eunhyuk adalah member yang pertama direkrut pada tahun 2000 melalui casting SM Starlight di Seoul. Pada tahun 2001, perusahan mengadakan audisi global yang pertama, dan menemukan Han Geng di Beijing,yangmengalahkan lebih dari 3000 ribu peserta! *wow

Di tahun yang sama, Yesung dtemukan dari casting di Seoul bersama temannya, Heechul. Sungmin dan Donghae juga terpilih menjadi Trainee setelah mereka tampil di sebuah kontes yang disponsori SM. Pada tahun 2002, Kangin direkrut kemudian Kibum yang ditemukan di Los Angeles, di Tahun yang sama. Siwon dicasting tahun 2003 dan Ryeowook pada 2004 melalui Kompetisi Festival singing “Chinchin Youth Festival’. Di tahun 2005, Shindong direkrut.

Tidak lama setelah boy band TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boy band lain dengan cepat menyebar di Internet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boy band yang terdiri dari dua belas anggota akan melakukan debut di dekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi “The Gateway of Stardom Asia”. Lee mengumumkan bahwa bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model, dan host radio sebelum debut.

Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur, dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media. Yang sangat terinspirasi oleh konsep rotasi gadis Jepang grup Morning Musume, kelompok ini juga akan mengalami perubahan line-up, dengan anggota-anggota baru menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan ke pasar K-pop.

Untuk sementara kelompok itu dikabarkan akan bernama O.V.E.R, singkatan dari “Obey the Voice for Each Rhythm” (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama). Namun, sebelum nama ini diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia muda ketika pertama kali menjadi SM trainee. Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang berbeda kepada perusahaan pada sebuah piknik. Kemudian perusahaan memutuskan meresmikan grup ini bernama Super Junior, generasi pertama dari Super Junior.

Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Caught Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya pada 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.
Super Junior 05 debut tanggal 6 November 2005 di program musik SBS, Popular Song , membawakan single pertama mereka, TWINS (Knock Out). Pada 6 Desember 2005, mereka merilis album Super Junior05 (TWINS) dan berhasil terjual 28.536 kopi di bulan pertama dan menempati posisi ketiga di chart bulanan Desember 2005. *DAEBAK!*

/kyaaaaaa!! oppadeul masih lucu-lucu waktu awal karier mereka/

Selesainya promosi single “Miracle”, SM Entertainment mulai memilih member-member untuk proyek kedua Super Junior, Super Junior 06. Bahkan mereka sudah memilih anggota-anggota yang akan digantikan oleh anggota baru. Tapi pada akhirnya, tidak ada satu anggota pun yang digantikan dan ditambahkanlah anggota ketiga belas pada Mei 2006, Kyuhyun dan menghilangkan tambahan 05 pada nama grup ini, menjadi SUPER JUNIOR.

Pada 25 Mei 2006, single “U” dirilis untuk free download di situs resmi, dan mencapai 400.000 downloads pada 5 jam pertama. Single “U” dan dua single lain secara resmi dirilis pada 6 Juni 2006 dan menjadi lagu korea paling popular di tahunnya. Di akhir tahun, Super Junior berhasil menyabet 5 penghargaan dari 5 acara penganugerahan musik Korea Selatan sebagai Grup Baru Terbaik tahun 2006. *jjang!

/formasi baru Super Junior dengan Kyuhyun oppa saat itu/

Seiring berjalannya waktu, sub-unit Super Junior pun dibentuk. Super Junior-K.R.Y, memulai debut pada 5 November 2006. Grup ini khusus membawakan lagu2 yang slow, jadi isinya member2 suju yang paling bagus suaranya, Trio yang terdiri dari member Super Junior, yaitu, Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Mereka berpartisipasi dalam OST Hyena dengan total 3 buah lagu, dan salah satunya termasuk dalam lagu utama. Trio ini adalah merupakan salah satu strategi SM Entertainment untuk tidak membatasi kegiatan Super Junior; tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Super Junior bisa menyanyikan berbagai macam genre musik.

Sub-unit kedua, Super Junior-T memulai debut pada tanggal 23 February 2007. Super Junior T terdiri atas Eeteuk, Heechul, Kangin, Shindong, Sungmin, dan Eunhyuk. Huruf T pada Super Junior T berarti trot. salah satu jenis musik di korea, biasanya penyanyi trot itu bajunya norak2 dan lagunya juga dinyanyiin dengan suara yang meliuk2, kaya dangdut gitu lah klo di indonesia). Tujuan Super Junior T adalah untuk membuka mata para anak muda Korea dengan menyanyikan lagu trot yang telah disesuaikan dengan genre anak muda saat ini dan juga untuk membuka mata publik bahwa mereka bukan hanya group pop untuk anak muda. Mereka merilis single pertama mereka, Rokkugo, yang berarti “backwards”, di radio-radio pada tanggal 27 February 2007. Single tersebut kemudian sukses. Super Junior T melakukan penampilan pertama mereka di SBS inkigayo dengan penyanyi trot Bang Shil Yi dan menyanyikan lagu hitnya Chut Cha.

Album kedua Super Junior yang kedua rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2006, tapi karena adanya beberapa insiden membuat Don’t Don belum dirilis sampai 20 September 2007. Album ini terjual sampai lebih dari 160.000 kopi di akhir tahun, menjadi penjualan terbaik kedua pada 2007. Album ini juga meraih sukses di Taiwan; memecahkan rekor untuk menjadi rangking tertinggi album Korea di G-Combo Music Billboard Chart.

Didukung oleh rilisnya Don’t Don, Super Junior dinominasikan pada 7 kategori berbeda di 2007 M.NET/KM Music Festival yang diadakan pada 17 November 2007 dan memenangkan 3 diantaranya termasuk “Netizen Choice Award” dan “Mobile Popularity”, menjadi pemenang terbesar malam itu.

2 Oktober 2007, sub-unit ketiga dari Super Junior diluncurkan oleh SM Entertainment, Super Junior-M, sebuah subgrup yang dimaksudkan untuk pasar Cina yang memiliki anggota dari Korea dan Cinaa dari Super Junior. Mereka merupakan grup musik internasional pertama. Mereka juga merupakan grup pertama yang diproduksi oleh organisasi Korea CT (Korea Culture Technology) dan dibentuk dengan strategi pemasaran yang komprehensif. Super Junior-M terdiri dari Hangeng, Donghae, Shiwon, Ryeowook, Kyuhyun, Henry dan Zhou Mi, dan sekarang anggotanya bertambah setelah Sungmin dan Eunhyuk masuk dalam subgroup ini. Super Junior-M menjadi kesuksekan fenomenal di Cina.

Dengan absennya hampir separuh dari member Super Junior, sub-unit keempat Super Junior pun dibentuk pada tahun yang sama untuk menghindari hilangnya Super Junior dari industri musik Korea. Grup ini khusus nyanyiin lagu2 yang ceria, makanya dinamakan H dari kata Happy. Mereka terdiri atas Sungmin, Shindong, Yesung, Kangin, Eunhyuk, Eeteuk. Mini album mereka akan keluar di awal bulan juni ini. Dengan track andalan sebuah dance song yang berjudul “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008. Lagu tersebut berkisah tentang pemuda yang menemukan hal-hal menarik saat dia memikirkan masakan untuk kekasihnya.

Tur besar pertama Super Junior, Super Show, dimulai pada 22 Februari di Seoul. Tur ini mencakup tiga negara dan penampilan pada 6 kota berbeda termasuk Bangkok, Shanghai, dan Beijing.

Album ketiga Super Junior, “Sorry, Sorry” dirilis 12 Maret 2009. “Sorry, Sorry” adalah album pertama Super Junior yang berhasil menempati Hanteo Charts, dan penjualannya mencapai 29.000 kopi pada hari pertama. Dua minggu kemudian, Sorry, Sorry menjadi number one song of the week di Music bank. Dari Maret hingga Mei, Sorry, Sorry berhasil meraih 10 penghargaan juara pertama, menjadi sebuah kesuksesan nasional dan internasional. Setelah sebulan dirilis, album ini menjadi album dengan penjualan terbaik di Korea Selatan pada 2009. “Sorry, Sorry” juga menjadi album berbahasa Korea dengan penjualan terbaik di Taiwan, Thailand, Cina, Dan Filipina.

Pada 12 Mei 2010, video musik Bonamana dari album keempat Super Junior dirilis, diikuti albumnya dengan judul yang sama pada 13 Mei 2010. Album ini dirilis dengan hanya 10 anggota, tanpa Hangeng yang memutuskan kontrak dengan SM Entertainment, Kibum yang sibuk di dunia akting, dan Kangin yang melaksanakan wamil. Album keempat ini juga memecahkan rekor pribadi dengan 200.000 pre-order.
17 Mei 2010, video musik dari “Victory Korea”, yang digunakan untuk menyambut FIFA World Cup 2010, dirilis melalui Youtube page SM Entertainment. Pada 28 Juni 2010, Super Junior merilis album repackage mereka dengan 3 lagu baru, “No Other”, “All My Heart”, “A Short Journey” dan versi remix dari “Shake It Up!”. “A Short Journey” adalah lagu karangan Donghae dan liriknya ditulis oleh Eunhyuk. Menurut Hanteo, album repackage ini terjual sampai 200.000 kopi.

Grup ini mulai melakukan tur ketiga mereka, Super Show 3 pada 14 dan 15 Agustus 2010 di Olympic Gymnastic Arena di Seoul. Dilanjutkan ke Qingdao, Beijing, dan Nanjing.

Pada 4 September 2010, Super Junior ikut ambil bagian dalam SMTown Live ’10 World Tour di Los Angeles. Ini pertama kalinya SM Entertainment mengadakan tur diluar Asia.

Full Credit belong to:

http://sparkyuindonesia.wordpress.com/2011/10/16/super-junior-3/

One thought on “Super Junior

  1. I simply want to mention I am newbie to blogs and seriously loved your web-site. More than likely I’m want to bookmark your website . You definitely come with excellent posts. Bless you for revealing your website page.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s